Musim Hujan Sudah Datang, Saatnya Menanam Rumput Odot

Musim penghujan sudah mulai di beberapa wilayah Indonesia, ini menjadi penggugah para peternak kambing dan domba untuk segera menanam hijauan pakan ternak salah satunya adalah rumput odot.

Rumput odot adalah salah satau jenis rumput pakan ternak yang sangat tinggi nutrisinya, kurang lebih seimbang dengan rumput gajah, dan rumput Sataria.

Odot mempunyai karakteristik tanamannya tidak terlalu tinggi, daunnya agak lebar, ruasnya pendek-pendek dan postur batangnya bisa gemuk apabila ditanam pada lahan yang subur. Proses penanamannya sangat sederhana, yaitu potong batang rumput odot sisakan 3-5 ruas, kemudian ditanam agak miring, supaya cepat keluar akarnya.


Pakan jenis ini tidak suka tergenang air, dan tahan akan cuaca musim kering. Pemupukannya juga sangat sederhana bisa menggunakan pupuk kandang yang sudah difermentasi atau dengan urea yang disebarkan secara tipis.

Jarak tanam ideal adalah 30-40 cm, dalam 1 lubang tanam bisa dikasih 2-4 batang bibit odot, untuk pemotongannya / panennya nanti dipotong datang atau dibagian dasar batang supaya tumbuh tunasnya lebih banyak.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Musim Hujan Sudah Datang, Saatnya Menanam Rumput Odot"

Post a Comment