Bijak Dalam Menggunakan Produk MLM Untuk Kambing dan Domba

Saat ini, di kalangan peternak kambing dan domba sedang heboh produk suplement, merk nya sangat banyak, perusahaan yang memasarkannya juga sangat banyak. Produk suplement ini ada yang dipasarkan melalui toko offline seperti toko ternak, maupun ada pula yang dipasarkan dengan sistem jaringan, atau dikenal dengan istilah Multi Level Marketing ( MLM )

Menurut hemat kami, berbagai produk suplement yang banyak ditawarkan memiliki fungsi yang nyaris sama satu dengan yang lainnya dan tidak bisa mengganti fungsi dan kebutuhan obat khusus untuk kambing dan domba, seperti obat cacing, obat penguat otot dan lainnya. Supplement yang banyak dipasarkan diantaranya adalah produk probiotik dan produk untuk penggemukan.

Salah satu yang memasarkan produk suplement ini adalah perusahaan yang menggunakan sistem jejaring, tidak perlu disebutkan satu persatu karena anda pasti sudah tau. Produknya bagus dan memang cocok untuk peruntukannya amsing-masing, namun ada kalanya bahkan seringnya dari member yang memasarkan produk - produk ini, bekerja luar biasa dan karena TERLALU luar biasanya kadang melakukan propaganda bahwa produk mereka adalah produk ajaib, yang bisa menyelesaikan semua permasalahan urusan ternak kambing dan domba.

Memang sungguh disayangkan bahwa mayoritas yang memasarkan produk dari perusahaan MLM ini sebenarnya tidak memiliki ternak kambing dan domba, kalau memiliki pun, jumlahnya sangat sedikit. Mereka terbiasa menggunakan peternak lain untuk dijadikan bahan ujicoba produk mereka, kemudian didokumentasikan dan di upload secara massal di internet,

Efeknya luar biasa.... banyak peternak kambing dan domba kemudian berubah haluan, dan menelan mentah-mentah semua informasi yang didapakan dari para marketing. Apa yang terjadi ? yaitu produk yang bagus tadi kena imbas menjadi produk JELEK karena efek dari banyak kegagalan yang dialami para peternak ang menggunakan produk dari perusahaan MLM.

Sebenarnya produknya bagus, hanya saja berhubung para member perusahaan MLM yang menjadi marketing ini terlalu berlebihan dalam mempromosikan produknya, kemudian TIDAK memberikan pendampingan secara continue kepada peternak yang menggunakan produknya, maka hancurlah reputasi perusahaan MLM berikut produknya.

Hanya sebuah pengalaman kecil saja, ketika kami berkunjung ke beberapa peternak skala besar yang omzet perputaran uangnya sudah tidak dilakukan lagi, hampir semuanya menerapkan pola pakan yang alamiah. Pola pakan alamiah adalah mengembalikan dan menyesuaikan kodrat kambing dan domba ke alam, kalau kambing dan domba itu memang sukanya makan rumput maka dikasihnya 75% pakan hijauan segar.

Bagaimana dengan fenomena pola pakan fermentasi yang menggunakan produk jerami padi, gedebok pisang dan lainnya ?

Banyak peternak yang menggunakan pola ini, ada yang sukses ada pula yang gagal berantakan. Peternak yang sukses ternyata menerapkan pola kombinasi pakan, yaitu memberikan pakan fermentasi namun tetap mengutamakan pemberian pakan hijauan dan pakan konsentrat. Bagi peternak yang gagal, biasanya menggubah pola pakannya secara frontal, dari yang biasanya memberikan pakan hijauan kini sudah full pakan fermentasi, hal ini akan membuat ternak menjadi stress dan mengurangi produktifitas ternak

Sungguh disayangkan bahwa ilmu pola pakan fermentasi ini menjadi jelek dikarenakan beberapa oknum perusahaan MLM yang mempromosikannya terlalu berlebihan dan sekedar mengejar BONUS dari perusahaan MLM yang menaunginnya.

Simple saja, karena produk supplemen dari perusahaan MLM ini bagus, kenapa para marketing tidak menggunakan sendiri untuk ternaknya ? dan malah menggunakan peternak lainnya sebagai bahan ujicoba ? Kenapa mereka malah silau dengan bonus dari perusahaan daripada fokus kepada urusan memelihara kambing dan domba ?

Semoga lain waktu apabila ada metode baru untuk pola pakan dan perawatan kambing domba, tidak mengalami nasib yang sama dengan ilmu pola pakan fermentasi.

Banyak yang menanyakan kepada kami, apakah kami juga menggunakan produk dari perusahaan MLM ? Ya kami menggunakannya sebagai suplement pendukung dari pakan dan obat paten yang sudah rutin dan semestinya kami berikan kepada ternak kami.

Bagi rekan yang ingin menggunakan produk suplement kambing dan domba dari perusahaan MLM, silahkan disikapi dengan bijak, ingat yang kurang baik itu adalah orang atau marketing yang menawarkan secara berlebihan, sedangkan semua produk MLM tentunya sudah melewati pemeriksaan dinas terkait dan dinyatakan lolos uji sehingga layak diberikan kepada ternak kambing dan domba.

Salam ternak Indonesia.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bijak Dalam Menggunakan Produk MLM Untuk Kambing dan Domba"

Post a Comment