Fodder Jagung, Alternatif Pakan Hijauan Bergizi Tinggi Untuk Peternak Kambing Domba di Perkotaan dan Minim Lahan Hijauan.

Fodder jagung adalah alternatif baru bagi peternak kambing dan domba, metode pakan ini cocok diterapkan bagi peternak yang memiliki lahan hijauan yang minim atau peternak kambing domba di daerah perkotaan, karena fodder jagung ini bisa disusun dalam rak-rak dan tidak memakan banyak tempat. ( foto rak fodder jagung BNF Jogja)
Fodder jagung sederhananya adalah membenihkan buliran jagung kemudian disemai sampai umur 11-14 hari dan diberikan kepada kambing dan domba sebagai alternatif pakan yang sangat bergizi.

Proses pembuatan fodder jagung ini sangat sederhana
  1. Siapkan media tampung berupa baki atau nampan atau wadah yang agak besar dan datar ( kami menggunakan wadah dari bambu yang dasarnya kami lapisi dengan spanduk / banner bekas ). Untuk ukuran wadahnya silahkan saja, besar kecilnya bisa disesuaikan dengan ruangan yang tersedia atau disesuaikan dengan rak nya ataupun disesuaikan dengan kebutuhan pakan hijauan kambing dan dombanya. Bagian bawah wadah silahkan di lobangi kecil-kecil supaya air tidak menggenang yang nantinya bisa menyebabkan busuk akar 
  2. Siapkan biji jagung, kemudian direndam dalam air biasa selama 12 jam, kalau mau lebih simple direndam jam 6 sore sampai dengan jam 6 pagi. 
  3. Biji jagung yang sudah direndam kemudian ditebar di media, untuk menjaga buliran jagung tetap lembab kami menutupnya dengan koran yang dibasahi.
  4. Lakukan penyiraman menggunakan sprayer selama 3 atau 4 jam sekali tergantung cuaca
  5. Pada hari ke-2 akan mulai muncul tunas kecil, lakukan penyiraman secara rutin, kalau pembuatan foddernya skala besar, baiknya menggunakan timer sprayer sehingga anda tidak capek menyiram.
  6. ketika fodder berumur 10 hari maka, akar jagung sudah tinggi sekitar 2 cm dan berwarna putih bersih.
  7. pada hari ke 11-14 silahkan melakukan pemanenan dengan cara menggulung foddernya dan menyiram air pada akar fodder supaya menghilangkan aroma air yang masih tersisa di bagian akar.
  8. Untuk pemberian pada kambing dan dombanya, silahkan akar fodder di potong kecil-kecil sehingga akan memudahkan kambing dan domba memakan semua fodder dari ujung akar sampai dengan ujung daun, jadi tidak ada yang tersisa.
  9. Beberapa kali kami melakukan pembuatan fodder, dari bulir jagung 1kg maka akan menghasilkan fodder jagung berat kisaran 7-10 kg, artinya dengan biaya benih jagung sekitar 3-4rb, akan menghasilkan pakan hijauan berkualitas tinggi seberat 7-10 kg.

( fodder jagung umur 5 hari ) 

( Panen fodder jagung dengan cara digulung ) 

 ( Domba Merino lahap memakan fodder jagung )

 ( Kambing Boer juga lahap makan fodder jagung )

Untuk menekan biaya pembelian jagung, silahkan bisa hunting jagung pipil di lokasi-lokasi petani jagung, pilih jenis jagung yang kelas menengah bawah, supaya masih masuk dalam hitungan biaya pakan. Penggunaan jagung kualitas menengah ke bawah, akan sedikit mengurangi bobot akhir fodder namun dengan perawatan maksimal masalah ini bisa diatasi.

Selain menggunakan jagung, bisa juga menggunakan biji sorgum atau biji kacang-kacangan lainnya.

Untuk menyeimbangkan antara biaya fodder jagung dengan hasil dari budidaya ternak nya, silahkan pelihara kambing domba jenis unggulan ( Kambing peranakan etawa Kaligesing, Boer, Saanen, Sapera, Senduro, Domba Merino, Mega, Sufolk, Ekor gemuk ), Jumlah ternak pun harus disesuaikan dengan kondisi tempat yang ada, kondisi lingkungan sekitar dan kondisi kemampuan membuat pakan hijauan fodder jagungnya.

Bagi anda yang ingin lebih jauh mempelajari pola dan jenis-jenis pakan berkualitas untuk budidaya kambing domba, silahkan bisa ikut pelatihan kami, bisa di akses di website kami di bawah ini :

Info pelatihan ternak kambing ==  www.PelatihanTernakKambingDomba.com

Jual Kaos desain kambing & domba == > www.KaosKambingDomba.com

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Fodder Jagung, Alternatif Pakan Hijauan Bergizi Tinggi Untuk Peternak Kambing Domba di Perkotaan dan Minim Lahan Hijauan."