Memanfaatkan Mesin Potong Rumput Untuk Pemenuhan Kebutuhan Pakan Hijauan Kambing dan Domba

Datangnya hujan di bulan Desember ini sudah menghijaukan kembali hamparan rumput lapangan atau rumput sawah yang sebelumnya kering dan mati karena musim kemarau yang panjang.

Rumput lapangan atau rumput sawah ini juga cocok untuk pakan hijauan kambing dan domba walaupun nilai gizinya masih kalah sedikit dibandingkan rumput odot, sataria, gajahan dan sejenisnya, namun karena rumput ini mudah didapatkan dan tidak perlu ditanam maka sayang kalau tidak dimanfaatkan.

Di pedesaan sangat gampang kita jumpai peternak kecil menggunakan sabit untuk mencari rumput jenis ini, dengan berbekal karung maka 1-2 jam akan sudah dapat rumput hijauan. Untuk jumlah ternak skala kecil menggunakan alat bantu sabit sudah cukup, nah untuk populasi kambing dan domba dengan jumlah banyak, menggunakan alat bantu sabit akan kurang efektif, lebih efektif menggunakan mesin pemotong rumput.


Seringkali kita dengar dari obrolan di masyarakat, kalau rumput hasil dari pemotongan mesin tidak disukai oleh kambing dan domba, memang ada benarnya, biasanya rumput yang tidak disukai berasal dari hasil pemotongan di pinggir jalan raya, dimana rumput ini sudah terhinggapi berbagai polusi dari asap knalpot kendaraan bermotor, secara otomatis kambing dan domba akan menolak untuk memakannya.

Namun masih ada cara supaya rumput hasil potong di pinggir jalan ini bisa dimakan kambing dan domba, salah satu caranya adalah rumput disiram air terlebih dahulu, supaya hasil polusi yang menempel di rumput sedikit banyak bisa hilang dan aroma rumputnya kembali kepada aroma aslinya.

Bagaimana dengan rumput yang ada di tengah sawah atau tengah lapangan sepakbola ? menurut pengalaman kami, kambing dan domba jenis apapun langsung mau melahapnya tanpa ragu-ragu dan tanpa penolakan. Karena kondisinya jauh dari jalan raya dan polusi kondisi rumput ini lebih segar dan aromanya lebih alami.

Mesin potong rumput ini bisa anda dapatkan di toko-toko alat pertanian dan toko mesin di kota anda masing-masing, merknya juga beragam, harganya kisaran 1 - 1.3 jt sudah termasuk pisau yang bundar atau pisau gerigi. konsumsi bahan bakarnya adalah bensin campur, 1 liter bensin campur bisa dipakai 2 hari ngerumput, atau gampangannya 1 liter bensin campur bisa untuk memotong rumput dengan hasil sekitar 15 karung ukuran 50 kg.


Penggunaan mesin potong rumput sangat membantu anak kandang dalam memenuhi kebutuhan pakan hijauan. 2 orang anak kandang ngerumput selama dua jam saja kira-kira akan mendapatkan rumput segar sekitar 6-8 karung sudah bisa untuk memenuhi kebutuhan makan sore, malam dan masih tersisa sedikit untuk diberikan pagi harinya. Hasil ngerumput 2 jam bisa mencukupi kebutuhan pakan sekitar 25 ekor kambing dan domba


Dengan terpenuhinya pakan hijauan, maka akan sedikit banyak menghemat kebutuhan konsentrat, namun bukan dalam artian bisa menghilangkan konsentrat sebagai pakan kambing dan domba, karena konsentrat dan menu pakan kering lainnya menjadi pelengkap pakan hijauan jadi sifatnya saling mendukung.

Rumput sawah atau rumput lapangan ini juga sangat membantu proses pertumbuhan pakan hijauan lainnya seperti odot, sataria, king grass, kaliandra, indigofera dan lainnya, karena jenis pakan ini memerlukan waktu 30-60 hari untuk siap panen, sedangkan rumput lapangan ini butuh waktu 7-10 hari untuk siap panen kembali, apalagi kalau kita bantu dengan pupuk urine kambing atau ditebar urea maka pertumbuhannya akan sangat cepat.



Penggunaan alat bantu modern seperti mesin pemotong rumput memang sudah menjadi kebutuhan, karena akan bisa menjadikan solusi bagi kita semua yang sebelumnya merasa kualahan memenuhi pakan hijauan sehingga kita takut untuk memelihara kambing dan domba dalam jumlah yang banyak. Dengan berbagai alat bantu modern maka kegiatan beternak kambing dan domba yang sebelumnya adalah kegiatan sampingan kini bisa diubah menjadi bisnis utama.

Salam beternak modern.....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memanfaatkan Mesin Potong Rumput Untuk Pemenuhan Kebutuhan Pakan Hijauan Kambing dan Domba"

Post a Comment