BAHAYA... Wajib di waspadai , KHUSUSNYA untuk PETERNAK PEMULA

--- BAHAYA ---

Apakah anda sedang merencanakan budidaya kambing atau domba ?

Apakah anda sudah mengetahui seluk beluk mengenai beternak kambing dan domba ?

Apakah anda sudah siapkan perencanaan managament ternaknya ?

Apakah anda juga sudah mempunyai arahan dan gambaran kemana dan darimana anda mendapatkan income dari aktivitas beternak kambing dan domba ?

Ya... walaupun saat ini dunia peternakan masih lesu karena ancaman banjirnya produk peternakan dari luar negri namun tidak menyurutkan niat sebagian orang untuk mencoba dan memulai usaha ternak kambing domba.

Ada beberapa faktor pendorong orang pengin beternak kambing domba, diantaranya adalah iming-iming profit tinggi ketika memasuki musin qurban, adanya propaganda dari para marketing MLM obat ternak bahwa kini sudah ada penemuan pola pakan baru berupa pakan fermentasi dari berbagai bahan limbah pertanian seperti fermentasi jerami padi ataupun fermentasi gedebok pisang dan ada juga yang alasannya kepengin meniru kesuksesan para peternak besar.

Apabila anda saat ini mau memulai ataupun mengembangkan peternakan yang ada dan kok ternyata anda saat ini megang banyak uang yang siap dibelanjakan kambing domba, kondisi seperti ini adalah kondisi yang sangat labil.

Kok labil ? ya karena banyak yang belum menentukan arah bisnis peternakan kambing dombanya, sehingga mudah terbujuk banyak pihak. Uang yang anda pegang adalah magnet kuat bagi para penjual kambing domba.

Magnet kuat ?? ya.. kalau anda mulai tercium sama blatik atau perantara penjal kambing domba maka pelan tapi pasti uang anda akan mulai dikeruk tanpa memberikan hasil sepadan dengan apa yang anda idam-idamkan.

Biasanya pemula akan berkonsep, bahwa dengan uang yang dia punya akan membeli kambing domba dalam jumlah sebanyak-banyaknya kemudian berharap ternaknya pada kawin dan beranak, 2 tahun kemudian hitungannya jumlah ternaknya sudah 3x lipat jumlah awal, kemudian mulai jualan, jualan dan jualan dannnnnn untung besar.

Fakta nya sangat berbeda jauh dengan impian seperti itu. Kenyataannya adalah peternak pemula berkantong tebal akan membeli kambing domba dalam jumlah banyak, kemudian 6 bulan pertama tidak ada pertumbuhan ternaknya, mulai ada yang mati, mulai jenuh dan bosen karena capek cari pakan , akhirnya TAMAT lah riwayat peternakannya.

Bisa kondisinya lebih fatal lagi kalau anda TERMAKAN IKLAN MLM yang menawarkan obat probiotik tanpa dibekasi dengan ilmu beternak yang baik dan benar.... RUNYAM UJUNGNYA.

............................................................................................................................................................

ARAH bisnis dan UJUNG bisnis ternak kambing domba harus jelas, itu prinsip. Misalnya anda mau mencukupi kebutuhan daging kambing domba untuk relasi rumah makan, hotel, restoran yang sudah anda lobby, maka fokuslah di penggemukan, bisa pilih domba Merino, Texel, kambing Boer, Domba Garut atau minimal domba ekor gemuk.

Kalau anda sudah mempunyai link untuk susu kambing, maka peliharalah Saanen, Sapera dan kambing PE perah, sehingga bisa memproduksi susu dengan maksimal.

Dan apabila ternyata anda lebih suka di kambing seni, mulailah dengan sedikit demi sedikit memelihara kambing PE kaligesing kelas kontes maupun domba Garut.

Semua harus jelas ujung dan awalnya, sehingga bisnis peternakan anda bisa berjalan sesuai harapan. Belilah kambing dan domba yang SUPER di kelasnya, misalnya anda mau pelihara Saanen, maka belilah kambing Saanen yang super, karena lebih baik pelihara sedikit tapi SUPER daripada pelihara buanyakkkk tapi ngak ada yang istimewa.

Ketika anda pelihara buanyakkkkk dan ngak ada yang istimewa, hampir bisa dipastikan tidak ada yang akan datang ke peternakan anda untuk sekedar berkunjung, sharing, tukar pikiran atau malah mau beli produk peternakan anda, Hal ini terbalik kalau anda memelihara kambing dan domba SUPER, walaupun jumlah populasinya sedikit tetapi pasti peternakan anda akan cepat dikenal dan terkenal, itulah jalan untuk mendapatkan income.

Ingat,,,, melepaskan uang untuk beli kambing dan domba itu adalah hal yang SANGAT MUDAH , namun mendapatkan ilmu benar, mentor beternak yang benar, komunitas yang benar, itu perlu proses, tidak bisa seketika didapatkan.

Tetap semangat.... hati-hati dalam mengalokasikan dana anda ...

Salam TETAP SMART...

Info pelatihan ternak kambing == > www.PelatihanTernakKambingDomba.com

Jual Kaos desain kambing & domba == > www.KaosKambingDomba.com



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "BAHAYA... Wajib di waspadai , KHUSUSNYA untuk PETERNAK PEMULA"

  1. Terima kasih atas saranya boz... sangat bagus dan masuk akal.

    ReplyDelete
  2. Sangat bagus saran dan ulasannya terimakasih,tetapi niat usaha berternak tetap harus di coba dan ditekuninya sesuai saran,dan jangan pernah berhenti untuk belajar.

    ReplyDelete