Sumber Penghasil Uang Bernama Kambing PE Kaligesing

Kambing peranakan etawa ( PE ) Kaligesing adalah salah satu jenis kambing yang banyak di kembang biakan di daerah Jawa tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Beberapa daerah seperti Jawa barat, bahkan Sumatra dan Kalimantan juga mulai bergeliat membudidayakan jenis kambing ini.

Jenis kambing ini awalnya adalah silangan kambing India jenis Jamnapari dengan kambing lokal dari daerah kecamatan Kaligesing Purworejo, dan kini dikenal dengan sebutan kambing PE Kaligesing.
Kambing PE Kaligesing sangat identik dengan bulu warna putih dan hitam, ada sebagian kecil yang warna bulu pada kepalanya coklat. Kambing ini sangat mudah pemeliharaannya, karena dengan pola pakan hijauan yang bervariasi dan pakan pendukung seperti ampas tahu, dedak, kulit kedelai, onggok dan sejenisnya, kambing ini akan sangat pesat pertumbuhannya.

Banyak peternak kambing yang awalnya tidak melirik kambing ini namun sekarang mulai tertarik memelihara kambing ini, karena secara fisik postur nya lebih besar dari kambing kacang atau kambing jawa randu.

PE Kaligesing dipelihara di daerah mana saja sangat mudah beradaptasi, baik itu dataran tinggi yang relatif dingin maupun dataran rendah yang panas, perbedaan yang mencolok hanya pada ketebalan bulunya, apabila dipelihara didataran tinggi bulu kambing ini akan lebih tebal.

Ada 3 kelas untuk membedakan jenis kambing ini, yaitu kelas pedaging, breeding dan kelas kontes. yang paling banyak dipelihara masyarakat pada umumnya adalah kelas pedaging dan kelas breeding.

Harga kelas pedaging kambing betina dara umur 6-8 bulan berkisar antara 2.5-3 jt, untuk pejantannya dengan umur yang sama berkisar di harga 5 jt an.

Kelas breeding adalah kelas dimana sudah ada penseleksian sehingga postur badan kambing kelas breeding lebih besar dan panjang dibandingkan kelas pedaging. Kelas breeding ini yang betinanya sering dikawinkan dengan pejantan kelas kontes sehingga sering muncul cempe-cempe dengan kualitas kontes, karena 70% genetika cempe berasal dari pejantan.

Kelas Kontes, tentu saja merupakan kambing-kambing pilihan yang dilihat dari banyak kriteria mulai dari bentuk kepala, panjang telingga, bentuk telingga, bentuk mulut, tinggi badan, postur panjang badan, bentuk kaki, bulu dan lainnya.

Komunitas kambing PE Kaligesing sering melakukan event kejuaraan lomba nasional, yang terakhir kali diadakan di kota Jombang, kemudian ada jadwal lomba lagi pada bulan Mei 2016 di Kota Wonosobo Jawa tengah, dan bulan Juli 2016 di Kecamatan Kaligesing Purworejo.

" Kok kambing PE Kaligesing bisa menjadi sumber penghasil uang ????? "

Iya.. itu fakta , bahwa harga jenis kambing PE Kaligesing walaupun hanya kelas pedaging namun harga dipasaran memang lebih ungguh dibanding dengan kambing jenis lainnya. Untuk kelas breeding dan kelas kontes harganya bisa melambung tinggi karena ada unsur seni yang melekat pada kambing jenis ini.

Kambing-kambing pejantan pada foto dibawah ini umurnya berkisar 1 - 2.5 tahun, harga nya bervariasi antara 10-60 jt per/ ekor, ini adalah sebuah kenyataan bahwa kambing jenis PE Kaligesing memang bisa menjadi " PABRIK UANG " bagi para peternaknya.


" Bagaimana peternak pemula bisa ikut merasakan rejeki dari kambing PE Kaligesing ???? "

Tentu saja, itu adalah impian semua peternak, bahwa dengan memelihara kambing ini akan mendapatkan rejeki yang lebih. Ada beberapa cara dasar supaya peternak pemula bisa efektif dan tidak salah langkah , yaitu :
  1. Cari ilmu yang benar mengenai cara dan managament ternak kambing PE Kaligesing
  2. Cari mentor yang benar dengan memilih para peternak yang sudah nyata-nyata mampu mencetak para juara di ajang kontes
  3. Mencari komunitas yang benar sehingga akan terhindar dari para makelar atau blantik kambing yang kurang bertanggung jawab
" Yah.. kami kan jauh dari Kaligesing, apakah bisa tetap menjalin komunikasi dengan peternak disana dan berpeluang sukses seperti para peternak disana "

SANGAT BISA... saat ini komunikasi bisa via telephon, BBM, Whatsapp bisa dilakukan, bahkan transfer ilmu pengetahuan pun bisa berlangsung lebih mudah dan cepat. Anda tinggal mencari dan memperhatikan 3 hal dasar di atas sehingga anda akan ketemu dengan para peternak yang benar.

Bagi rekan semua yang ingin mencoba menseriusi beternak kambing PE Kaligesing, kami akan mengadakan pelatihan ternak kambing PE Kaligesing untuk Info lebih lanjut silahkan kunjungi blog kami dibawa ini :

www.PelatihanTernakKambingDomba.com 

Silahkan gabung juga di fanspage kami == > Sukses Ternak Kambing & Domba

Jual Kaos desain kambing & domba == > www.KaosKambingDomba.com
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumber Penghasil Uang Bernama Kambing PE Kaligesing"

Post a Comment