Belajar Mengetahui Tanda-tanda Birahi Pada Indukan Kambing Domba

Dalam artikel ini, kami bahas mengenai pengenalan indukan atau dara kambing domba yang mengalami birahi untuk siap kawin.

Dara atau indukan kambing domba biasanya mulai menunjukkan tanda-tanda birahi pada umur 10 bulan, tanda birahi ini akan lebih cepat muncul apabila dara atau indukan diberikan perlakuan dan perawatan bagus baik dari segi pakan hijauan dan pakan pendukung, obat-obatan, perawatan harian seperti dimakdikan, di jemur sinar matahari pagi .


Tanda-tanda birahi bisa diamati melalui tingkah laku si kambing, ada 2 tingkah laku yang biasa lazim bisa kita amati, yaitu :
  1. Birahi biasa , tanda-tandanya kambing mengembik terus, gelisah, ekor sering dikibas-kibaskan
  2. Birahi senyap, pada kambing yang birahi senyap kondisi kambing normal seperti biasa
Kondisi birahi biasa akan memudahkan peternak untuk mengetahui kalau kambingnya sedang biarahi, namun dalam kondisi birahi senyap, peternak harus sering-sering memantau kemaluan kambing.

Pengecekan kemaluan pada kambing betina birahi di kalangan peternak kambing wilayah Jawa dikenal dengan 3A ( Abuh, Abang, Anget ). Abuh atau bisa disebut bengkak, menunjukkan kemaluan kambing kondisinya lebih besar daripada kondisi kemaluan kambing yang tidak birahi, Abang atau merah menunjukkan kemaluan kambing memerah, anget atau hangat, kemaluan kambing kalau disentuh akan terasa hangat. 3A ini menunjukkan bahwa sikambing benar-benar birahi dan siap kamin.


Ketika kambing domba birahi maka pada kemaluannya akan mengeluarkan lendir bening, ini menjadi salah satu tanda lain yang mendukung kondisi 3A diatas.

Masa durasi birahi kambing hanyalah 18-20 jam, untuk itu memang ideal apabila dikandang ada pejantan pemacek yang siap mengawini dara atau indukan yang birahi supaya tidak sampai telat masa birahinya. Apabila masa birahi lewat maka siklus birahinya baru akan datang selama 21 hari kemudian.

Salam ternak Indonesia

www.PelatihanTernakKambingDomba.com

Bagi Anda yang mau memulai ternak kambing domba namun terkendala dan belum bisa buka farm sendiri, kami buka kesempatan kerjasama pengembang biakan kambing domba

Silahkan klik artikel dibawah ini :

Beribadah dan Berinvestasi Kambing Domba di 78 Farm

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Mengetahui Tanda-tanda Birahi Pada Indukan Kambing Domba"

Post a Comment