Mempersiapkan Lahan Pakan Hijuan Bernutrisi Tinggi Untuk Kambing Domba

Mau ternak kambing atau domba ?

Sudah menyiapkan lahan pakan hijuan ? kalau sudah silahkan ditambah luasnya dan ditambah pula varietas jenis pakan hijauannya. Kalau belum punya ya persiapkan dahulu lahan pakan hijauannya.

JANGAN buru-buru beli kambing atau domba

Banyak peternak pemula yang keburu nafsu pengen ternak kambing domba lalu bikin kandang asal-asalan dan langsung beli kambing domba dalam jumlah banyak, yang terjadi kemudian adalah, dijamin ternaknya pelan tapi pasti akan kurus dan tidak terurus.

LAHAN PAKAN HIJAUAN adalah pondasi beternak kambing domba, kalau tidak punya lahan pakan hijauan ya peliharanya dalam jumlah populasi kecil saja, jangan dipaksakan.

Kalau punya lahan yang siap ditanami pakan, kira-kira berapa luas nya lahan yang dibutuhkan untuk tiap kambing domba ?

Untuk lahan yang akan ditanami rumput odot, maka 1 kambing dewasa butuh 40m2 / bulan, jika lahan mau ditanami gamal atau indigofera maka butuh lahan 80m2 untuk 1 ekor kambing dewasa / bulan. Berarti kalau ingin pelihara 10 ekor kambing domba usia dewasa maka untuk lahan pakan rumput odot, gajahan dll butuh 400m2 , untuk lahan pakan ramban ( daun-daunan ) butuh 800m2.

Gila ya... ternyata butuh lahan luas untuk penyediaan pakan, memang.. semakin luas lahan pakan hijauan yang anda punya maka semakin terjaminlah ternak anda, semakin mudah anda menjalankan bisnis ternak, semakin hemat biaya utama yaitu biaya pakan.

Bagaimana kalau kasusnya ada warha kota mau ternak kambing karena akan sulit untuk menyediakan pakan hijauan ? banyak solusinya , diantaranya dengan pembuatan pakan fodder jagung, sorgum, kedelai, memaksimalkan sayur sortiran dari tukang sayur di pasar, melakukan aksi mutar keliling kota dan menyediakan jasa pangkas pohon, dan sebagainya.

****************************

Satu budaya yang kurang berkembang di masyarakat peternak Indonesia adalah budaya menanam, sangat minim sekali kegiatan menanam pakan hijauan, adanya adalah kegiatan panen, kalau yang di petik untuk pakan sudah habis akhirnya mulailah kepikiran hal yang tidak jelas, misalnya menggunakan bahan rendah nutrisi seperti jerami padi dan gedebok pisang untuk pakan kambing domba.

Budaya tanam yang diiringi pengolahan lahan, sangat berpengaruh terhadap hasil panenan pakan hijauannya. Semakin budaya tanam itu digerakkan maka akan terjadi keseimbangan, artinya hari ini memetik atau panen, hari ini pula harus menanam kembali.

Pengelolaan lahan pakan hijauan menggunakan kotoran kambing juga sangat membantu peningkatan kesuburan tanah. Semakin lahan subur maka tanaman pakan akan tumbuh maksimal dan tentu saja akan sangat membantu kerja peternak.

Masih banyak ilmu mengenai pakan hijauan, kami akan berikan menyeluruh dalam pelatihan kami, silahkan lihat jadwal pelatihan kami disini :

www.PelatihanTernakKambingDomba.com

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mempersiapkan Lahan Pakan Hijuan Bernutrisi Tinggi Untuk Kambing Domba"

Post a Comment