Satu Hal Penting Dalam Proses Kelahiran Cempe Kambing Domba


[ New Born Calf Reflex ]

Tidak banyak orang tahu bahwa cempe kambing domba sudah memiliki refleks sejak lahir. Refleks ini sebagai upaya si cempe kambing domba untuk bertahan hidup dan melindungi dirinya dari kematian.

Namun kadang kita-peternak maupun Dokter Hewan- melakukan hal-hal yang menyebabkan refleks tersebut menurun atau bahkan hilang dan akibat nya kemampuan cempe kambing domba untuk mencapai performa maksimal nya juga menjadi berkurang.

Salah satu refleks tersebut adalah MUNTAH. Beberapa saat setelah lahir, cempe kambing domba akan berusaha untuk MUNTAH. Refleks Ini dilakukan cempe kambing domba dalam rangka mengeluarkan cairan yang memenuhi ruang dada nya, paru-paru nya dan sepanjang tenggorokannya ketika dia masih di dalam kandungan. 

Ingat, pedet/cempe tidak bernafas dengan paru-paru selama di dalam kandungan. Paru-paru cempe kambing domba baru berfungsi setelah dia kontak dengan udara luar. Normalnya dia akan MUNTAH 2 atau 3 kali. 

Saya banyak melihat peternak melakukan kesalahan dalam proses kelahiran Ini dengan terburu-buru menarik cempe kambing domba sesaat setelah lahir Dan dalam banyak kasus akhirnya membuat refleks Ini berhenti.

Akibatnya cairan dalam paru-paru tetap tertahan Dan beresiko pneumonia / radang paru-paru...

Beberapa peternak bahkan menjungkirkan cempe kambing domba, dan Ini bisa membahayakan karena ruang dada bisa tertekan oleh isi perut , cempe kambing domba bisa berhenti bernafas.

Jadi, biarkan cempe kambing domba mengalami fase kelahirannya secara alamiah. Biarkan cempe kambing domba menyelesaikan refleksnya. Biarkan semua fungsi fisiologisnya berjalan sebagaimana seharusnya. Tidak perlu sok Jadi pahlawan...

By : Drh. Deddy Fachrudin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Satu Hal Penting Dalam Proses Kelahiran Cempe Kambing Domba"

Post a Comment