Ilmu Dasar Mengenai Penggemukan Domba - Budidaya Domba - Ternak Domba

Bisnis penggemukan domba, bisnis domba Qurban, bisnis aqiqah, bisnis kuliner sate domba... wooowww... pasti bagi para peternak domba atau mereka yang baru memulai beternak domba , berbagai bisnis tadi sudah membuat dada berdebar.... sudah pinginnnnnn banget segera beli domba, digemukkan, jual, UNTUNG banyak.
Hehehehe.. maap kalau kami lancang, keinginan yg segera mendapatkan untung banyak dari usaha penggemukan domba inilah yang seringkali MENJERUMUSKAN banyak peternak domba ke dalam jurang. Bener.. ngak bohong, banyak yang gelap mata bahkan gelap akal sehat, karena punya duit banyak kemudian ikut-ikutan bisnis penggemukan domba, kemudian beli obat ini dan obat itu, akhirnya... the end alias BANGKRUT.

Membayangkan duit yang buanyakkkk pas panen raya jualan domba Qurban... ini salah satu magnet KUAT untuk menarik banyak orang mencoba masuk ke dalam bisnis penggemukan domba.

STOP... kalau belum punya ilmu yang cukup, belum ngerti plus ndak punya pembimbing yang benar, jangan sekali-kali mencoba bisnis penggemukan domba, bisa-bisa jantung copot, bisa-bisa duit ludes, bahkan domba bisa menjadi pemicu stroke... hehehe.. bener lho... kalau bisnis penggemukan dombanya gagal, tensi naik, stress berat... stroke deh.. malah kacau semuanya.

Ok... kami coba jabarkan sedikit-demi sedikit mengenai seluk beluk penggemukan domba, tapi ini hanya dasarnya saja ya.. tidak sampai mendetail, karena kalau mendetail wajib belajar langsung alias praktek di kandang.

Apa saja sih PONDASI dasar bagi Anda yang ingin mencoba menjalankan usaha penggemukan domba ? Ok... kami bahas mengenai hal-hal sangat mendasar ya...

A. Mengenal jenis domba di Indonesia

Ada beberapa jenis domba yang sangat familiar di masyarakat Indonesia, diantaranya adalah Domba ekor tipis ( domba gembel ), Domba ekor gemuk ( gibas, kibas ), Domba Garut, Domba Merino, Domba Texel, Domba Mega ( Merino X Garut ). Pada proses penggemukan, maka harus dipahami dengan sangat seksama menggenai karakter masing-masing domba, pakan yg diperlukan, permintaan customer masing-masing daerah. Sangat bijak apabila Anda memilih jenis domba berdasarkan permintaan pasar, karena perputaran bisnisnya akan cepat.

B.  Pakan dan lokasi kandang

Banyak peternak memilih memelihara domba dengan alasan domba lebih mudah dalam pemeliharaannya, salah satu faktornya adalah jenis pakan domba yang sangat mudah didapatkan dan sangat murah yaitu jenis rumput-rumputan. Ini ada benarnya namun menjadi kurang tepat apabila kandang domba dengan lokasi cari rumputnya berjauhan jaraknya, maka tidak efektif. 

Yang paling ideal adalah letak kandang domba dengan sumber pakan WAJIB berdekatan, atau kalau memungkinkan dombanya bisa digembalakan sehingga akan sangat menghemat tenaga dan waktu untuk pemberian pakannya.

Rumput lapangan adalah salah satu favorit untuk pakan hijauan domba, namun sangat baik apabila disupport oleh jenis pakan hijauan lainnya seperti : rumput odot, rumput gajah, rumput sataria, rumput guatemala, dll.

Sebagai pakan tambahan bisa diambilkan dari limbah pertanian semisal pohon & kulit kedelai, kulit kacang hijau, ampas tahu, dll

C. Pilih bakalan yang bagus.

Untuk penggemukan usahakan memilih bakalan yang bagus dan minimal berat badan bakalannya kurang lebih berat hidup 14-15 kg, karena dengan bobot 15 kg an maka si domba sudah sangat mandiri untuk makannya dan sudah mudah beradaptasi dengan berbagai macam pakan.

Apabila memelihara dari lepas sapih maka peternak akan dibebankan oleh keharusan memberikan nutrisi yang sangat baik sebagai pengganti air susu indukannya.

Karakter daerah juga sangat berpengaruh, semisal ada daerah yang suka dengan domba bertanduk, ada daerah yang tidak masalah dengan domba dugul ( tak bertanduk ) yang penting murah meriah.

D. Kandang

Untuk domba akan leih efektif dan bahagia apabila dibuatkan kandang bentuk panggung dan bersifat koloni, sehingga para domba akan leluasa beraktifitas. Kandang panggung juga akan memperkecil kemungkinan si dombanya sakit, semisal kembung. Kekurangan kandang koloni adalah pemilik domba akan kesulitan untuk recording perkawinan, karena domba jantan dan betinanya berkumpul dan setiap saat bisa kawin.

E. Obat-obatan

Obat yang wajib disiapkan adalah obat kembung, obat mata, obat cacing dan multi vitamin. 

== > info pelatihan ternak kambing domba unggulan, silahkan contac kami di no : 
whatsapp & tlp : 0812-2838-0678, atau klik disini






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmu Dasar Mengenai Penggemukan Domba - Budidaya Domba - Ternak Domba"

Post a Comment