Cara Beternak Kambing Yang Benar, Waspada Kekurangan Garam dan Mineral

Seringkali kita jumpai kambing domba yang mendadak lemas tidak sanggup berdiri, terlebih kambing domba betina yg baru saja melahirkan, apa penyebabnya ?

Penyebab utamanya adalah kekurangan garam mineral, ya hal sepele yang bisa berakibat fatal bila dibiarkan.

Ada sebagian peternak yang tidak memberikan garam mineral untuk ternaknya, salah satu akibat nya adalah kandang rusak digerogoti kambing domba.

Bagi kambing domba yang diumbar atau digembalakan mereka memenuhi kebutuhan garam mineralnya di alam jadi mereka sudah bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, berbeda dengan kambing domba yang dikandangkan.

Sebagian peternak memberikan garam mineral ke ternaknya bersamaan dengan memberikan pakan basah berupa komboran, namun ternyata kita tidak bisa memperkiraka kebutuhan kambing domba semestinya.

Salah satu trik nya adalah dengan membuat alat kentongan seperti dalam gambar.

Caranya :

Potong 1 ruas bambu, dibuat seperti kentongan dan di bagian bawah digergaji namun tidak tembus sampai lubang tengah dengan alasan supaya nanti garam mineralnya tidak cepat habis.

Garam yang bagus dipakai adalah garam kasar ( garam grosok ) , kemudian apabila ingin dilengkapi dengan mineral ternak silahkan beli di toko ternak terdekat.

Garam dan mineral dimasukkan dalam lubang bambu, kemudian ditetesi sedikit air. Kambing domba akan mencium aroma garam dan akan menjilat-jilat kentongan bambu ini.

Mereka akan mencukupi kebutuhan garam mineralnya sesuai kebutuhan tubuh masing-masing kambing domba.

Silahkan mencoba..

Sukses selalu untuk semua peternak kambing domba di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin serius menekuni usaha peternakan kambing domba, silahkan bisa ijut pelatihan kami selama 1 hari, keterangannya bs dilihat di postingan kami sebelumnya.

Info Pelatihan :

Bayu 78 Farm Jogja
Tlp / WA : 0812-2838-0678

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Beternak Kambing Yang Benar, Waspada Kekurangan Garam dan Mineral"

Post a Comment