Peluang Bisnis Usaha Budidaya Ternak Domba Merino - Domba Pedaging Super

Domba Merino adalah jenis domba unggulan yang saat ini mulai dikenal dan dikembangkan oleh sebagian peternak domba di Indonesia khususnya di pulau Jawa. Domba merino adalah jenis domba penghasil bulu wool super, di negara Australia dan beberapa negara di eropa memang difungsikan untuk menghasilkan bulu wool guna memenuhi kebutuhan usaha bisnis fashion. 
Ciri khas lain dari jenis domba ini adalah penghasil daging unggulan, karena mampu mencapai bobot berat badan diatas 100 kg, menggungguli hasil daging domba lokal yang endemik dari Indonesia.

Saat ini domba merino oleh sebagian peternak dijadikan komoditas utama untuk memenuhi kebutuhan permintaan daging domba, baik untuk kuliner seperti aqiqah, qurban, catering dan sebagainya.

Bagaimana cara memelihara domba merino yang benar dan menghasilkan income bagi peternaknya ?

Kami akan coba kupas mengenai budidaya domba merino sesuai pengalaman farm kami selama ini beternak dan berbisnis domba merino.



== > Mengenal karakter domba merino

Domba merino yang berada di Indonesia berasal dari negara Australia dan pertama kali dikembangbiakan di propinsi Jawa tengah yaitu Wonosobo dengan tujuan dan alasan bahwa daerah Wonosobo suhu udara nya menyerupai negara Australia.

Domba merino ini karena salah satu manfaatnya adalah penghasil bulu maka ketika dipelihara di daerah yang suhu udaranya dingin maka akan menghasilkan bulu yang banyak.


== > Apakah domba merino tidak cocok dikembang biakan di daerah dengan suhu udara panas ?

TENTU SAJA BISA, kandang kami 78 Farm Jogja, berada di daerah persawahan yang suhu udaranya cenderung panas selama seharian penuh, untuk mensiasati supaya domba merino kami nyaman maka kandang dan lingkungan sekitar kandang harus disetting menjadi sejuk udaranya. Dengan kondisi udara yang sejuk maka domba merino akan beradaptasi dan bisa dikembang biakan sampai beranak pinak di daerah yang suhu udaranya panas sekalipun.


== > Domba merino adalah domba pedaging super

Jenis domba ini terkenal dengan jenis domba penghasil daging unggulan, maka dari itu kebutuhan asupan pakan domba merino juga banyak dan bernutrisi tinggi. Porsi makan domba merino melebihi porsi pakan domba lokal seperti domba ekor tipis, ekor gemuk maupun domba Garut.

Porsi pakan domba merino memang sangat banyak, dan memang harus terkondisikan untuk makan banyak. Salah satu himbauan kami apabila anda tertarik memelihara domba merino yaitu jangan memulai beternak domba merino apabila anda belum memiliki stock pakan yang berlimpah, baik stock pakan hijauan maupun stock pakan tambahan. 

Untuk daerah panas pun harus mensiasati cara memeliharanya dengan rutin melakukan pengguntingan bulu, rutin dimandiikan dan air minum wajib selalu tersedia, sangat berbeda dengan perlakuan di wilayah dengan suhu udara sejuk atau dingin. Perawatan rutin lainnya adalah potong kuku untuk kakinya.

memandikan domba merino kemudian dijemur sampai kering bulunya

== > Apa saja pakan domba merino ?

Dengan tercukupinnya asupan protein, karbohidrat, serat, mineral maka pertumbuhan bobot badan domba merino akan maximal. Bahan pakan sebagai sumber serat seperti pakan hijauan rumput lapangan, rumput odot, king grass, sataria, kangkung kering, untuk karbohidrat bisa dari ampas singkong, untuk pemenuhan kebutuhan protein bisa dari ampas tahu, kulit kedelai, kulit kacang hijau, sedangkan mineral bisa terpenuhi dari garam kasar atau mineral mix ternak ruminansia yang banyak dijual di toko pakan ternak.

 Pakan hijauan rumput odot


 pakan hijauan rumput sawah / lapangan bola

 pakan kering berupa konsentrat dan limbah pertanian

== > Apakah perlu obat-obatan ataupun suplement pendukung ?

Ini adalah pertanyaan yang sering dilontarkan kepada kami dan kami selalu jawab dengan jawaban seperti ini :

Ibarat manusia sehat yang asupan makanan dan minumannya tercukupi maka badannya akan sehat dan tanpa persu asupan dooping obat-obatan ataupun supplement. Hal ini berlaku juga untuk domba merino, apabila pakannya tercukupi maka tidak perlu obat-obatan dan supplement.

 ( AWAS jangan terjebak dengan iklan obat-obatan penambah nafsu makan kambing domba yang banyak beredar di youtube maupun sosmed )


== > Bagaimana supaya daging domba merino kencang dan posture tubuhnya jumbo ? 

Simple saja... perhatikanlah atlet binaraga, mereka membentuk body dengan cara makan asupan gizi yang cukup, dan bergerak terus dengan jalan olah raga. Hal ini sama halnya dengan domba merino, apabila diberikan keleluasaan bergerak dalam kandangnya dan jaminan ketersediaan pakan berkualitas maka pertumbuhan daging dan kualitas dagingnya akan menjadi super.






== > Bagaimana memilih domba merino yang baik ?

Cara memilih domba merino yang bagus adalah dengan memperhatikan bentuk fisiknya, yaitu mulai dari tulangan nya baik kaki maupun tulangan body nya, semakin tulangannya besar maka semakin berpotensi tumbuh besar.

Domba merino super salah satu cirinya adalah bulu sampai menutupi muka, body panjang, ukuran tulangan kaki besar, ekor tebal. Domba merino super berpotensi akan menghasilkan bobot badan diatas 100 kg, dengan catatan pakan, perawatannya maximal. 





 == > Kandang domba merino

Untuk kandang domba merino yang cocok di Indonesia adalah dengan sistem kandang panggung, hal ini dikarenakan para peternak domba di Indonesia sangat sedikit yang memiliki padang savana yang berisi full rumput sehingga cocoknya menggunakan sistem ternak kandang panggung, atau istilahnya sistem ternak intensif.

Kandang panggung ada 2 type yaitu kandang koloni atau kandang terbuka los tanpa sekat, ataupun kandang sekat yang hanya muat beberapa ekor saja. masing-masing system kandang ini ada kelemahan dan kelebihannya, dan keduanya cocok diterapkan di Indonesia dan disesuaikan dengan kesenangan masing-masing peternaknya.

 type kandang koloni tanpa sekat

type kandang sekat

Untuk ukuran kandang koloni maupun kandang sekat disesuaikan dengan kondisi lahan kandang, hanya saja untuk wadah atau tempat pakan yang ideal untuk kedua jenis type kandang ini adalah menggunakan ukuran ketinggian 30-35 cm dari lantai kandang, karena domba adalah grassing ( pemakan rumput dengan cara makan menundukkan kepala, berbeda dengan kambing ).

== > Bagaimana cara menjual domba merino ?

Jenis domba ini memang di kalangan masyarakat masih belum terlalu umum, namun bagi sebagian amsyarakat yang sudah mengenalnya domba merino dijadikan pilihan utama untuk diternak maupu dikonsumsi sebagai pensupplay daging.

cara berjualan hasil budidaya domba merino bisa dilakukan dengan cara online maupun offline, cara online yaitu dengan beriklan di internet sedangkan cara offline bisa dilakukan dengan cara dijual ke sesama peternak, dijual ke pasar hewan, dijual pengusaha kuliner dan dijual di lapak-lapak pinggir jalan ketika momen Qurban.

Cirikhas daging domba merino lebih empuk dan gurih sehingga disukai customer, untuk moment Qurban pun apabila berqurban dengan domba merino hasil dagingnya dapat dibagikan ke lebih banyak orang.

== > Harga domba merino

Untuk harga terupdate domba merino silahkan bisa whatsapp / tlp ke nomor di bawah ini :

0 8 1 2 - 2 8 3 8 - 0 6 7 8 

( Bayu 78 Farm Jogja )

Atau silahkan berkunjung langsung ke farm kami dengan alamat :

78 Farm Jogja , Jl godean km 15, dusun Kolowenang, Kelurahan Sumber arum, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Google Map :  78 Farm Jogja



Kami melayani orderan domba merino dalam jumlah kecil khususnya bagi kota-kota di pulau Jawa yang terlewati jalur kereta api dari atau menuju ke arah kota Yogyakarta.

 pengiriman menggunakan expedisi kereta

Untuk kota-kota diluar jalur kereta bisa kami kirim menggunakan kendaraan mobil pick up atau diambil sendiri ke farm kami.

Untuk orderan dari luar pulau Jawa, supaya menghemat pengeluaran biaya ongkos kirim maka kami terapkan sistem quota, yaitu untuk orderan kecil wajib memenuhi quota kendaraan mobil pick up yaitu 24 ekor, sedangkan untuk orderan besar dengan pengiriman menggunakan truk maka orderan maximal quota truk adalah 100 ekor.

Sementara ini kami belum bisa melayani orderan dari Papua karena terkendala di waktu tempuh kapal penyebrangan yang membawa ke papua masih terlalu lama diperjalanan.

Bagi anda yang ingin lebih serius mendalami usaha budidaya domba merino, silahkan bisa mengikuti pelatihan ternak kambing domba yang rutin kami lakukan tiap bulannya, silahkan bisa lihat jadwal pelatihan kami pada blog ini 


Terimakasih.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang Bisnis Usaha Budidaya Ternak Domba Merino - Domba Pedaging Super"

Post a Comment