( Budidaya Kambing Boer... Cara Tepat Untuk Memproduksi Kambing Pedaging Unggulan )

Kambing boer adalah jenis kambing pedaging unggulan yg asal muasalnya dari daerah Afrika selatan, namun kambing boer yang ada di Indonesia kebanyakan berasal dari dataran Australia, karena para importirnya mendatangkan dr Australia yg jarak nya lebih dekat dengan Indonesia.

Kambing ini memiliki ciri khas badan gemuk, padat berisi, posture tidak terlalu tinggi, pertumbuhan berat badannya cepat dan kualitas dagingnya premium.

Jenis Kambing Boer sangat mudah dipelihara dan dikembang biakan karena mayoritas tidak pilih-pilih jenis pakan, hanya saja tetap menjadi sebuah kebutuhan wajib, apabila ingin menciptakan kambing ini menjadi super gendut maka asupan gizi dalam pakan nya wajib diperhatikan dengan baik.
Beraneka jenis pakan yang cocok untuk memacu pertumbuhan boer diantaranya adalah :

1. Aneka jenis dedaunan segar tinggi nutrisi dari berbagai pohon berikut ini ( indigofera, kaliandra, singkong, gamal, nangka, alfalfa, mahoni, pisang, durian, rambutan, klengkeng, angsana, sengon, alpukat, sawo, pepaya, turi, rumput odot, king grass, sataria dan banyak lagi ragamnya)
Pakan hijauan ini WAJIB menjadi pakan utama, dan tidak boleh diberikan tunggal 1 macam, ideal sekali minimal 3-6 jenis hijauan tiap harinya.

2. Aneka jenis pakan tambahan, diantaranya seperti : ampas tahu, ampas singkong, ampas kedelai, ampas gandum, ampas sawit, ampas jagung, kulit kopi, bungkil coklat, kulit kacang hijau, pakan konsentrat dan masih banyak jenis ragamnya

Selain pakan, perawatan harian juga berpengaruh besar pada pertumbuhannya, seperti rutinitas pemberian mineral, vitamin, dan berbagai obat sesuai kebutuhan.

 

Cara bisnis kambing boer

Untuk menjalankan bisnis kambing ini bisa ambil arah bisnis breeding ( pembiakan) atau penggemukan, atau bahkan keduanya.

Untuk breeding ada 2 jalur, yaitu peternak yang ingin mengumpulkan kambing dng genetika terbaik guna menciptakan kambing unggulan dan tujuan nya tidak untuk bisnis namun sekedar hobby
Ada juga jalur breeding yang ingin memenuhi selera pasar khususnya di Indonesia.

Untuk jalur terakhir ini, ideal sekali kalau melakukan kombinasi breeding antara boer dengan kambing lain supaya hasil peranakannya bisa sesuai dengan daya beli masyarakat Indonesia.
Persilangan yang ideal adalah antara pejantan boer dengan indukan jawa randu super, analisanya adalah nanti anakannya akan memiliki bentuk badan gendut seperti bapaknya dan memiliki badan yang tinggi besar seperti ibunya.

Bagaimana apabila boer x kambing kacang, maka akan keluar anakan dengan bentuk yg lebih pendek daripada boer, ibarat kata nanti akan muncul varian kambing kacang super.

Boer x peranakan etawa kaligesing ( pe ) , hasil peranakan ini lebih baik daripada boer x kacang, hanya saja indukan kaligesing dengan posture jumbo harganya diatas indukan jawa randu super.

Untuk penggemukan... Wah bakalan lebih panjang lagi tulisan ulasannya... Hehehe
Masih banyak cerita menarik mengenai kambing boer baik untuk breeding maupun bisnis penggemukan kambing boer.

Mari maximalkan potensi peternakan kambing anda, ibarat kata.. Sama-sama kasih makan kambing pedaging hanya saja kalau yang dipelihara jenis kambing unggulan nanti hasilnya akan sangat memuaskan.

Anda tidak perlu repot-repot menawarkan kambing karena customer malah akan mencari anda untuk membeli hasil breeding dan penggemukan kambing boer anda.
Ini satu trik untuk menjadikan anda punya point plus dibandingkan dengan peternak atau penjual kambing pedaging lainnya.

*********
Bagi anda yang tertarik untuk budidaya kambing boer, silahkan contac kami langsung via tlp / whatsapp di nomor bawah ini :

0812-2838-0678

Bayu 78 Farm Jogja.

Alamat : klik alamat di bawah ini

Google map : 78 Farm Jogja

Silahkan saksikan video berikut ini :




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "( Budidaya Kambing Boer... Cara Tepat Untuk Memproduksi Kambing Pedaging Unggulan ) "

Post a Comment