Cara Ternak Kambing Etawa ( Peranakan Etawa - PE Kaligesing ) - Bagian 1

Hallo.. apa kabar semoga sehat dan bahagia selalu, berikut ini akan kami coba ulas mengenai cara ternak kambing etawa.

Di kalangan masyarakat Indonesia sudah banyak yang memelihara kambing jenis Etawa, jenis kambing ini asalnya dari distrik Etawah di negara India dan masuk ke Indonesia ketika zaman penjajahan Belanda.

Kambing ini awalnya dikembangkan di daerah kecamatan Kaligesing, kabupaten Purworejo, propinsi Jawa tengah, jenis kambingnya adalah Jamnapari yang disilangkan dengan kambing lokal asli Indonesia.

Ciri kas hasil kawin silang antara kambing Jamnapari dengan kambing lokal ini adalah pasung kepala cembung, telinga melipat, badan tinggi dan panjang, pola warna kepala hitam dan badan putih.

Kambing jenis ini, sering disebut dengan nama kambing etawa, kambing etawah, kambing peranakan etawa, kambing PE, untuk kambing Jamnapari yang dulu dibawa oleh pemerintah Belanda sudah tidak ada lagi, dan kini pemerintah  RI menetapkan nama kambing peranakan ini menjadi kambing Kaligesing sesuai nama dari kecamatan yang pertama dijadikan lahan budidaya kambing ini.

Kambing peranakan etawa ( PE ) ini relatif mudah dipelihara dengan catatan tercukupinya pakan hijauan dedaunan maupun berbagai limbah pertanian seperti bekatul, kulit kacang hijau, bungkil sawit, ampas tahu, ampas singkong dan lainnya serta perawatan yang maximal.

Adaptasi kambing ini juga mudah, kambing ini bisa dipelihara di wilayah perbukitan yang relatif udaranya sejuk dan dingin, maupun didaerah dataran rendah yang cenderung suhu udaranya lebih panas.

Kambing ini memiliki 3 kelas berdasarkan kualitas dan harganya , yaitu :
  1. Kelas kontes, jenis kambing yang memenuhi kriteria kelas kontes adalah dengan cirikhas seperti telinganya melipat rapi dan panjang, jidat cenderung cembung, mata yang cerah, body panjang dan tinggi,pola warna kepala hitam dan badan putih serta masih banyak kriteria lainnya.
  2. Kelas breeding, kambing ini ibarat kata adalah kambing dengan kualitas dan harga di bawah kambing etawa kontes, ataupun kelas menengah.
  3. Kelas pedaging, untuk kelas ini adalah kelas paling bawah karena tolok ukurnya hanyalah usia dan posture tubuhnya sehingga bisa dikonsumsi untuk pedaging.
Keunggulan lain dari kambing Etawa ( PE Kaligesing ) ini adalah bisa memproduksi susu kambing dengan kualitas rasa yang sangat enak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia.


Kambing Etawa - Peranakan Etawa Kaligesing








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ternak Kambing Etawa ( Peranakan Etawa - PE Kaligesing ) - Bagian 1"

Post a Comment