Metode Pakan Silase Membuat Kerja Peternak Tambah Enak

Silase adalah sebuah metode penyimpanan dan pengawetan pakan hijauan yang berlimpah sehingga bisa dipergunakan kapan saja sesuai kebutuhan peternak.

Berbagai material yang bisa disilase meliputi semua jenis pakan hijauan untuk kambing domba.

Beberapa alat yang dibutuhkan untuk membuat pakan silase antara lain, bahan dasar pakan hijauan yang sudah dilayukan, alat pencacah bisa sabit, golok ataupun mesin chooper, wadah kedap udara seperti tong ataupun silo, molase ( sifatnya dipakai hanya kalau perlu )

Tata cara nya adalah semua jenis dedaunan dicacah kemudian dimasukkan dalam wadah kedap udara, wadah ditutup dan dibiarkan beberapa hari.

Perlu sangat diperhatikan bahwa tidak boleh ada udara masuk maupun udara keluar dari wadah penyimpanannya, supaya proses silasenya berjalan dengan baik Dan sempurna.

Setelah sekian hari ( 7 - 21 hari ) wadah dibuka, daun yang disilase diangin-anginkan supaya tidak panas kemudian diberikan kepada ternak.

Bagaimana membuat kambing doyan makan pakan silase ?

Setiap saat sediakan pakan silase di tempat makan kambing, maka lama kelamaan si kambing akan mencicipi dan akhirnya akan suka makan pakan dedaunan hasil silase.

Berikut ini video kambing kami makan daun hasil silase selama 7 hari.


Terimakasih, semoga bermanfaat.

78 Farm Jogja
0812-2838-0678


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Metode Pakan Silase Membuat Kerja Peternak Tambah Enak"

Post a Comment