Cara Penggemukan Kambing Jawa Randu - Cara Bisnis Kambing Penggemukan ( Bagian 6 )

Dalam keseharian, penggemukan kambing jawa randu terdiri dari penggemukan kambing betina dan jantan. Kambing jawa randu betina biasanya dipotong untuk konsumsi harian seperti kuliner warung sate dan catering

Sedangkan kambing jawa randu pejantan lebih sering digunakan untuk acara seremonial seperti Aqiqah, pesta perkawinan, nah untuk moment menjelang hari raya Qurban ini jenis kambing jawa randu pejantan yang lebih banyak diserap kebutuhan pasar.

Bicara mengenai penggemukan kambing jawa randu, ada beberapa cara penggemukan kambing jawa randu secara trik sederhana yang wajib dilakukan oleh para peternak kambing jawa randu, diantaranya adalah :

1. Pastikan kambing jawa randu yang akan digemukkan dalam kondisi sehat, andaikata sakit pun hanya sekedar sakit ringan seperti pink eye ( semacam beleken ) atau orf ( semacam sariawan pada mulut )
2. Cara bisnis kambing penggemukan yang sangat simple namun sering sekali diabaikan adanalah apabila akan menggemukan kambing pejantan, sebaiknya dalam 1 area kandang tidak ada kambing betinanya jadi si kambing pejantan akan fokus untuk makan, dan tidak menjadi gelisah ketika mencium aroma kambing betina birahi karena hal ini akan sangat mengganggu ketenangan kambing pejantan.
3.  Untuk penggemukan kambing jawa randu pejantan dalam 1 area, pilah kambing sesuai dengan umur dan ukurannya, silahkan kambing dengan posture besar dicampur dengan yang besar, kambing postur kecil dicampur dengan yang kecil.

Baiknya tidak dicampur antara yang besar dan yang kecil karena secara alamiah kambing dengan posture kecil pasti akan kalah bersaing dengan kambing jawa randu pejantan super


4. Untuk kambing jawa randu yang baru datang ke kandang ( bukan kambing yang sudah lama tinggal dikandang ), atau anda baru saja membeli kambing jawa randu, PASTIKAN tanyakan ke penjual sebelumnya apa pakan hariannya, bagaimana perawatan hariannya, sehingga nanti ketika kambing pindah ke kandang anda maka tidak akan terlalu lama stress nya dan akan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

5. Semua kambing yang akan digemukkan wajib dimandikan dahulu, kemudian diberikan obat cacing, obat kutu luar dan vitamin apabila dibutuhkan. Hal ini WAJIB dilakukan karena apabila salah satu hal ini terlewatkan maka akan menghambat proses penggemukan kambingnya.

Sederhananya adalah kambing pejantan jawa randu yang didalam perutnya masih banyak cacinynya maka dia makannya akan banyak namun tidak jadi daging, badannya tetap kurus kering.

6. Kalau memungkinkan, kambing yang digemukkan rutin dimandikan selama 1 bulan sekali dan dilakukan penjemuran matahari pagi, sehingga kondidi kebersihan dan kesehatan kambing akan selalu terjaga.

7. Jenis pakan untuk penggemukan wajib diperhatikan karena bisnis kambing penggemukan itu terukur dan tidak bisa asal-asalan dikasih pakan alakadarnya namun berharap kambingnya segera capat besar.

Demikian beberapa trik sangat sederhana, akan kami lanjutkan dengan artikel mengenai cara usaha pengembang biakan ternak kambing jawa randu yang menguntungkan.

Info Bisnis Kambing Jawa Randu :

78 Farm Jogja

TLP/WA : 0812-2838-0678


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Penggemukan Kambing Jawa Randu - Cara Bisnis Kambing Penggemukan ( Bagian 6 )"

Post a Comment