JANGAN SALAH Membuat Kandang Kambing Domba Nya.. Waspada dan Hati-Hati

Mohon maaf kalau judul artikel ini terlihat keras... karena hal ini sangat sering terjadi dan dialami oleh mereka yang akan memulai usaha ternak kambing domba.

JANGAN SALAH Membuat Kandang Kambing Domba Nya.. Waspada dan Hati-Hati

Kejadian salah bikin kontruksi, ukuran maupun estetika sebuah kandang kambingsering dialami oleh calon peternak kambing yang HANYA cari ilmu dan infoemasi pembuatan kandang kambing domba dari GOOGLE saja.

Ini sangat bahaya, kami pun 6 tahun lalu sudah mengalaminya, bermodalkan nongkrong didepan laptop, kemudian ketik keyword " contoh kandang kambing domba ", " gambar kandang kambing domba " dan seterusnya, maka dari hasil penelurusan kata kunci tersebut munculkan berbagai gambar kandang kambing domba.

Gambarnya keren-keren, kandangnya bagus, kokoh, rapi, bersih dan tentu saja membuat para calon pternak kambing domba menjadi takjub, langsung kesengsem naksir dannnnnn..... akhirnya nyontek plek-plek alias nyontek full dari gambar di google...

Alhasil..... FATAL...., dibawah ini adalah contoh gambar kesalahan kami dahulu ketika pertama kami membuat kandang kambing domba berdasarkan gambar contekan dari Google.


( kandang yang kurang ideal karena lantai bawah kandang diplester semen )

Nah... kapan kami tau kalau kandang yang kami bikin itu ternyata salah, kurang tepat ? yaitu ketika ada beberapa peternak senior datang ke kandang kami dan memberikan komentar dan masukan untuk kandang baru kami, komentar mereka akhirnya kami lakukan pembuktian terbalik dengan croscheck langsung ke kandang para peternak senior tersebut.

Berikut ini adalah kategori ideal sebuah kandang kambing domba :
  1. Kandang kambing domba bisa terbuat dari bahan kayu, bambu, besi maupun baja ringan, tidak ada bahan yang paling bagus, adanya adalah versi bagus menurut budget masing-masing orang. Belum tentu kandang bambu kalah dengan kandang yang terbuat dari rangka besi
  2. Kalau lahan luas dan memungkinkan bisa menentukan bentul bangunan kandang, maka arah bangunan yang ideal adalah arah utara selatan, dengan dasar pemikiran kalau pagi maka kandang berikut isi nya bisa terkena matahari pagi, dan sore hari pun kandang terkena sinar matahari sore, seumpama lahan nya tidak memungkinkan menghadap utara selatan ya apa boleh buat.. dijalani saja hanya saja nanti bisa diakali dengan memberikan banyak pencahayaan pada atap kandangnya sehingga sinar matahari bisa maximal masuk ke dalam area kandang.
  3. Kandang yang ideal adalah kandang yang terbuka, hal ini berlaku baik untuk dataran tinggi seperti perbukitan maupun pegunungan ataupun daerah dataran rendah seperti lokasi tengah sawah maupun pinggir pantai. Dengan sistem kandang terbuka maka sirkulasi udara akan maximal, namun apabila lahan yang dimiliki tidak memungkinkan membuat kandang terbuka maka apaboleh buat di lahan yang seadanya, tetap bisa kita maximalkan sirkulasi udaranya.
  4. Bentuk kandang yang ideal untuk wilayah tropis seperti negara Indonesia adalah kandang panggung, hal ini akan berdampak pada banyak hal seperti ternak tidak akan mudah kembung, tidak mudah terkena banyak penyakit, kotoran ternak bisa setiap saat dipanen. Bentuk kandnag panggung ini pun bisa menyesuaikan dengan lahan yang ada, bisa kandang panggung intensif, bisa saja dikombinasi dengan kandang panggung semi umbaran, jadi kambing dombanya bisa setiap saat jalan-jalan ke lahan.
  5. Untuk lantai bawah kandang panggung SEBAIKNYA TIDAK DIPLESTER SEMEN. Pada contoh gambar-gambar kandang di google, banyak sekali kandang kambing domba yang lantai bawahnya di plester semen, hal ini akan berdampak pada pemborosan anggan pembuatan kandang, kemudian dari urine yang nempel di plesteran semen ini akan menimbulkan polusi bau pesing yang luar biasa, bahkan semakin disiram air pun malah nambah semakin bau pesing. 1 hal bahaya lagi adalah amoniak dari urine yang nempel di plesteran semen sewaktu-waktu akan menguap dan bisa terhirup oleh ternak, nahhh.... apabila dalam waktu kontinue ternak menghirup amoniak maka si ternak berpotensi terkena penyakit pneumonia ( radang paru-paru ) hal ini akan membuat kambing domba selalu terlihat kurus walaupun porsi makannya banyak sekali. Kamipun pernah mengalami hal ini, lantai bawah kandang kami plester semen, dan ketika secara sadar sudah memahaminya akhirnya plesteran semen kami bongkar, dan urine langsung merembes ke dalam tanah.
  6. Bentuk kandang kambing domba itu berbeda, baik ukuran luasnya, tinggi rendah tempat pakan, dan lainnya, yang seringkali terjadi adalah si tukang kandang salah setting, maunya ternak domba tapi bikin tempat pakannya settingan tempat pakan kambing. Hal paling mudah adalah silahkan silaturahmi ke kandang para peternak senior dan mohon izin untuk mengukur detail kandangnya.
  7. Atap kandang bisa disesuaikan denganlokasi kandang, bagi kandang yang akan dibangun di dataran tinggi, atapnya bisa menggunakan asbes / galvalume, sedangkan kandang yang akan dibangun didataran rendah, baiknya atap kandangnya menggunakan genting supaya ruangan dibawah atap akan lebih sejuk.
Masih banyak hal lagi memnegai kandnag kambing domba, apabila ingin info detailnya silahkan bisa berkunjung ke 78 farm ataupun ikut pelatihan kambing domba yang tiap bulan kami adakan.

Ringkasan kandang kambing domba yang ideal adalah :
  • Kandang kokoh, bersih, terang dan tidak bau
  • Struktur kandang harus disesuaikan dengan kebutuhan ternak

 Info lebih detail mengenai kandang kambing domba silahkan contac kami di bawah ini :

Bayu 78 Farm Jogja

0812 - 2838 - 0678

 Melayani jasa pembuatan kandang kambing domba sistem knock down

Bagi Anda yang ingin berbagi kasih dan investasi dalam bentuk pengembangbiakan kambing domba, silahkan bisa lihat artikel dibawah ini

Ibadah dan Investasi ternak kambing domba 78 Farm


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JANGAN SALAH Membuat Kandang Kambing Domba Nya.. Waspada dan Hati-Hati"

Post a Comment