Tail Docking Lamb ( Memotong Ekor Domba ), Salah Satu Teknik Yang Dipakai Peternak Domba Di Luar Negri ( Maaf ini sekedar pengetahuan )

Tail docking lamb atau memotong ekor domba adalah salah satu cara yang kebanyakan dipakai oleh peternak domba di luar negri.

Beberapa fungsi dari tail docking ini adalah supaya sebagian nutrisi yang diserap domba tidak lari ke ekor, karena ekor domba di luar negri cenderung besar dan panjang

Dengan memotong ekor domba akan memudahkan sipeternak dalam mencukur bulu dombanya, hal ini akan memangkas banyak waktu, seperti kita ketahui bersama bahwa industri bulu domba di luar negri sangatlah luar biasa.

Bagi domba betina khususnya yang akan dikembangbiakan, dengan tidak adanya ekor yang menutupi kemaluannya, maka ketika terjadi proses perkawinan, si pejantannya akan lebih mudah penetrasinya sehingga menghemat tenaga si pejantan.


Tail docking ini biasanya dilakukan ketika anakan domba usia 3-20 hari, sehingga ruas tulang ekornya masih empuk, ada beberapa metode tail docking, ada yang menggunakan karet yang di talikan kencang di ruas tulang ekor dan nantinya ketika aliran darah ke ekor berhenti maka ekor yang dikareti akan terlepas sendiri.



Ada juga dengan alat semacam penjepit ekor yang panas ( bisa dilihat di video Youtube )


Di Indonesia, metode tail docking ini belum banyak yang menerapkan karena menyangkut banyak pemikiran dan keyakinan masyarakat luas.

( maaf tulisan ini sekedar pengetahuan saja )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tail Docking Lamb ( Memotong Ekor Domba ), Salah Satu Teknik Yang Dipakai Peternak Domba Di Luar Negri ( Maaf ini sekedar pengetahuan )"

Post a Comment