Trik Membeli dan Perawatan Awal Domba Merino

Trik membeli domba merino

Sekedar ingin berbagi pengalaman saja mengenai trik bagaimana membeli domba merino dan perawatan awal di tempat baru setelah dibeli..

Domba merino di Indonesia mayoritas berasal dari daerah Banjar ( Batur ) hingga Wonosobo, Jawa tengah.. daerah ini identik dengan cuaca sejuk bahkan cenderung dingin karena daerahnya tinggi...

Nah.. diwilayah Batur dan Wonosobo, domba ini menyebar ke penjuru Indonesia terlebih sejak maraknya penjualan via online..

Banyak peternak baru yang sangat ingin mengambil langsung domba merino dari sana, dengan alasan lebih murah, lebih lucu, asli dan sebagainya..

Saya mendirikan 78 Farm, posisi kandangnya di daerah persawahan alias dataran rendah kota Jogja yang tentu saja suhu udaranya beda jauh dengan Batur dan Wonosobo, dan karena minat untuk ternak domba merino sangat besar, maka ambillah saya dari daerah asal.

Alhasil dengan minat dan nafsu yang sangat besar dan kenyataannya ilmu yang belum cukup.. domba merino yang saya beli bermasalah semua...

Mulai dari sakit mata, pilek, ngak mau makan, kembung, stressnya ngak sembuh-sembuh , dan cenderung liar akhirnya perlahan domba merino yang saya beli tumbang satu persatu...

Ya.... Tumbang alias KO dan lebih banyak yang mati, yang bertahan hidup pun.. ibarat mati segan hidup pun sulit..

****

Setelah lama menganalisa, diskusi dengan banyak pihak, akhirnya ketemu akar masalahnya yaitu :

1 . Perbedaan suhu udara sangat mempengaruhi domba merino nya, dari asalnya super dingin, pindah ke kandang saya yang cenderung gerah alias panas.

Yah ibarat kata orang eskimo yang terbiasa hidup dalam keadaan super dingun kemudian disuruh pindah ke Dubai yang panas... Hehehhe

2 . Perbedaan pakan pokok yang berubah drastis, di tempat asalnya kebanyakan makan rumput segar dan limbah sayur seperti wortel sortiran, pohon wortel dll, pindah ke daerah lain...

Makannya berubah total, ya sangat butuh waktu untuk penyesuaian, artinya berat badan akan menyusuuuuttt karena stress dengan menu makannya yang ngak seperti biasanya

3 . Pola jam makan, nah... Seringnya pembeli merino tidak bertanya mengenai jam makan sebelumnya... Dan ketika ganti kandang otomatis merubah jam makan... Tentu saja butuh perjuangan si merino nya untuk menyesuaikan jam makan..

4 . Bentuk dan pola kandang sebelumnya dan kandang baru tentu saja banyak perubahan... Nah ini juga mempengaruhi kenyamanan merino.

Apalagi banyak peternak yang membuat lantai kandang alakadarnya sehingga ketika dimasuki domba merino langsung lantai kandang pada patah

Untuk ketinggian wadah pakan juga masih banyak yang salah pengaturannya, idealnya dibuat wadah pakan ketinggian rendah namun seringkali kita jumpai wadah pakannya ketinggian sehingga merinonya susah kalau ingin makan.

Bahan material atap kandang dan sirkulasi udara kandang juga sangat berpengaruh.

5. Perlakuan ketika proses penjualan dan pengiriman, nah ini hal yang sangat sering diabaikan mengenai kenyamanannya oleh pihak penjual maupun pembeli..

Ada beberapa penjual yang memperlakukan merinonya asal-asalan misalnya menarik tali lehernya terlalu kuat, posisi tali lehernya malah mencekik leher, cara menaikkan ke mobil asal jambak bulu, atau malah menaruh merino di pasar hewan di tempat yang tidak nyaman..

Ini merupakan momet yang membuat down mental domba merino, dia akan cenderung mengembek, banyak kencing dan bab sebagai cirikhas kalau stress

6 . Perlakuan SOP kedatangan dari pihak pembeli yang belum tepat, ini juga sangat mempengaruhi kondisi kesehatan awal merino di kandang baru..

Idealnya begitu datang, dikasih obat mata, suntik parasit luar, kasih obat cacing dalam, kasih suntik vitamin ADE dan beberapa hari kemudian bulu di cukur..

Begitu SOP kedatangan awal ini diabaikan.. maka tanpa diminta, penirunan kondisi merinonya akan segera terjadi.. maka dari itu SOP kedatangan awal sangat penting diperhatikan.

****

Kesimpulan dari pengalaman saya selama ini adalah

1 . Beternak merino itu mudah, asalkan sebelum.membeli.domba merino, kita bisa sesuaikan terlebih dahulu banyak hal sesuai uraian di atas.

2 . Membeli domba merino yang sudah dikembangkan di daerah panas lebih mudah perawatan awalnya karena sudah terbiasa dengan suhu udara maupun jenis pakan baru.

Dari kandang awal yang panas akan mudah adaptasi kalau pindah ke daerah panas, atau kalau pindah ke daerah dingin pun akan mudah menyesuaikan.

3 . Beli merino tidak terburu nafsu, harus diperhatikan mengenai stock pakan nya terlebih dahulu

Terimakasih, semoga bermanfaat.

78 Farm

0812-2838-0678

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Membeli dan Perawatan Awal Domba Merino"

Post a Comment