Cara Membuat Silase Yang Benar, SANGAT MUDAH

Silage atau di kalangan peternak Indonesia lebih familiar disebut SILASE adalah proses penyimpanan pakan hijuan ternak ( kambing, domba, sapi, kerbau ) pada media kedap udara sehingga harapannya pakan bisa tahan lama dan mampu berfungsi sebagai tabungan pakan atau sederhananya membuat lumbung atau tabungan pakan bagi para peternak.

Pembuatan silase ini sangat sederhana, bisa disesuaikan dengan skala ternak masing-masing peternak, bahkan peternak skala rumahan atau yang sekedar untuk usaha sampingan pun bisa membuatnya.


Peralatan utama yang dipakai dalam proses pembuatan silase adalah : pakan hijauan usahakan terdiri dari banyak jenis pakan hijauan ( minimal 4 jenis pakan hijauan dan tidak disaranhan hanya 1 jenis pakan hijauan ), wadah kedap udara, disesuaikan dengan skala silasenya, bisa menggunakan silo ( bentuknya seperti kolam yang dilapisi plastik ) bisa juga menggunakan tong plastik ataupun plastik yang kualitasnya bagus dan tebal, kemudian alat pencacah bisa menggunakan sabit biasa ataupun menggunakan mesin cacah.

Untuk wadah kedap udara harus sangat diperhatikan betul-betul supaya memang sesuai harapan awalnya yaitu kedap udara. Untuk media silo wajib memastikan plastik penutupnya lebar, kuat dan mampu menutup rapat. 

Untuk media tong plastik akan lebih maximal apabila menggunakan klem besi yang dipasang pada penutup tongnya. Untuk kantong plastik biasa, wajib hukumnya menggunakan plastik yang tebal dan tidak mudah robek, karena apabila kualitas plastik kurang bagus maka mudah tertembus bahan yang disilase, ketika tembus dan berlubang maka akan ada udara masuk dan udara keluar, nah inilah yang menyebabkan faktor kegagalan proses silase.

Proses awal 

Penyiapan bahan pakan hijauan yang akan disilase

Untuk silase kambing domba sapi kerbau, tema utamanya adalah mempergunakan minimal 4 jenis pakan hijauan, semakin banyak jenis pakan hijauannya maka akan semakin bagus. Hal ini untuk memaximalkan nutrisi yang akan saling melengkapi dalam hasil akhir silase nya.

Contoh untuk pembuatan silase pakan kambing menggunakan aneka jenis daun seperti daun nangka, daun gamal, daun pisang, daun kelapa, daun singkong, daun mahoni, daun alpukat, daun rambutan dan sebagainya, semakin banyak daun maka semakin bagus.

Semua daun tersebut sangat disarankan untuk dilayukan terlebih dahulu minimal 6 jam atau bahkan kalau memungkinkan 1-2 hari dengan tujuan untuk mengurangi kadar air dan menghilangkan aneka jenis racun yang ada pada setiap jenis daun yang disilase.

Dengan kadar air yang turun atau pada daun terlihat setengah kering maka akan sangat membantu kesuksesan proses silasenya. Proses pengurangan kadar air ini sangat dibutuhkan apabila mau mensilase bahan pakan hijauan yang berupa jenis rerumputan seperti rumput odot, rumput kinggrass, rumput pakchong, rumput guatemala dan sebagainya.

Aneka jenis rumput ini memiliki kadar air tinggi bahkan apabila di musim penghujan kadar airnya sangat maximal, untuk itu wajib dilayukan dahulu 1-2 hari sebelum di cacah dan masuk proses silase.

Penyiapan wadah penyimpanan

Alat yang diperlukan dalam proses silase bisa menggunakan silo, tong plastik maupun kantong plastik, pastikan wadah ini nantinya bisa kedap udara, tidak ada udara yang bisa masuk maupun keluar.

Persiapan alat cacah

Alat cacah yang bisa digunakan mulai dari sabit sampai dengan mesin cacah, apabila menggunakan sabit memang cocoknya untuk membuat silase skala kecil dan ketika menggunakan mesin pencacah bisa untuk mengejar target pembuatan silase dalam jumlah banyak.

Apabila menggunakan mesin cacah, maka pastikan setting atau pilih mesin yang hasil cacahannya kasar, bukan mesin yang hasil cacahannya lembut, cacahan kasar ini bisa sebesar bungkus rokok.

Perlengkapan tambahan

Proses silase yang kami terapkan menggunakan 2 cara yaitu cara pertama murni tanpa tambahan obat apapun dan yang ke  dua adalah penambahan probiotik. Apabila menggunakan probioyik maka dibutuhkan probiotik, molase sebagai media hidup si probiotik, air dan alat semprot.

Penggunaan probiotik ini biasanya kami pakai apabila menemukan jenis hijauan yang nanti kalau disilase hasilnya tidak atau kurang bau harum, contohnya apabila mensilase tebon atau pohon jagung manis. Fungsi lain adalah probiotik akan melunakkan media yang disilase misalnya pas dapat pohon jagung yang agak tua, dengan penambahan probiotik maka tebon jagungnya nanti akan lembek dan mudah dimakan oleh ternak.

Untuk aneka jenis hijauan dedaunan yang diatas apabila disilase maka akan menghasilkan bau harum seperti bau tape, jadi kami tidak memakai tambahan probiotik

Berikut ini kami tampilkan video proses pembuatan silase hijauan dengan bahan baku aneka hijauan dari kebun.

Video pertama ini adalah proses pencacahan bahan baku pakan hijauan

Media penyimpanan yang dipakai adalah silo dengan ukuran selebar triplek dan media tambahan berupa plastik UV yang tebal.


Mesin cacah yang dipakai adalah mesin cacah berkekuatan mesin 8.5 PK dan mampu mencacah bahan baku 1 truk pohon jagung dalam waktu 1 jam, hasil cacahan mesin ini kasar selebar bungkus rokok.

Video ke 2 adalah tahapan pemadatan


Pemadatan sangat diperlukan untuk meminimalkan adanya rongga udara, semakin padat maka semakin bagus. Apabila menggunakan media tong plastik maka salah satu orang harus masuk ke dalam tong dan menginjak-injak media silase sampai padat. Untuk media kantong plastik wajib hati-hati dalam melakukan pemadatan karena sangat riskan untuk sobek ataupun berlubang.

Video ke 3 adalah penutupan media silase

 
Pada media silo seperti dalam video di atas membutuhkan plastik penutup yang kuat dan tebal, apabila plastik sudah ditutupkan maka dibutuhkan media pemberat bisa berupa batu, batako, potongan kayu yang akan membantu plastik akan tertutup dengan rapat, tidak ada udara masuk dan udara keluar.

Untuk media tong plastik, apabila ingin maximal maka sebelum tutup tong dipasang maka tong di tutup dulu dengan pastik lebar kemudian tutup dipasang, klem besi dipasang dan terakhir tong disimpan dalam posisi terbalik yaitu tutup tong posisinya di bawah dengan maksud dan tujuan adalah badan tong akan menekan ke bawah dan akan menutup celah di lubang drat tutup tong sehingga benar-benar kedap udara.

Menggunakan media kantong plastik akan semakin maximal apabila ditambah lagi penggunakan mesin vacum, sebelum kantong plastik ditali maka udara dalam kantong plastik ditarik keluar dahulu menggunakan mesin vacum, kemudian baru ditali, dengan proses seperti ini maka akan sangat yakin bahwa tidak ada udara dalam media silase kantong plastik.

Lama penyimpanan silase

Untuk waktu silase yang disarankan oleh para akademisi bisang peternakan adalah selama 21 hari supaya proses silase benar-benar maximal, namun ketika melihat di kenyataan lapangan yaitu dikalangan para peternak terkadang belum genap waktu 21 hari pun tabungan pakan silase sudah dipakai dengan alasan adalah kebutuhan, misalnya karena kondisi hujan lebat dan tidak bisa mencari pakan hijauan segar, ataupun pas berbarengan dengan acara keluar kota.

Menurut pengalaman kami yang sudah 4 tahun menggunakan metode penyimpanan silasse ini, sangatlah terbantu baik dalam menjaga stock pakan ternak.

Pada praktek pakan harian kami memberikan pakan silase ini 1 x dalam satu jam makan tiap hari nya yaitu pada makan siang. Untuk makan pagi kami berikan pakan kering seperti konsentrat ataupun pakan limbah pertanian dalam bentuk kering seperti kulit kacang hijau, kangkung kering, dll, siang makan pakan silase dan sore atau malam menggunakan pakan hijauan segar.

Namun apabila kondisi memang mengharuskan menggunakan pakan silase terus menerus pun tidak apa-apa, karena selama pengalaman kami tidak mempengaruhi pada proses perkawinan, kehamilan, kelahiran, pertumbuhan cempe maupun produksi susu indukan.

Demikian yang dapat kami sampaikan , nantikan artikel-artikel kami berikutnya, semoga bermanfaat.

Informasi mengenai pelatihgan ternak kambing domba yang digabungkan dengan sistem integrated farming bisa anda lihat pada artikel bawah ini,  ( silahkan di klik )

Jadwal pelatihan ternak kambing domba 78 Farm

atau

www.PelatihanTernakkambingDomba.com

Panduan Video Peternakan Kambing Domba

Pelatihan ternak Kambing Domba

 

Tips ternak domba untuk pensiun dini


 Tips Ternak Kambing Peranakan Etawa Kaligesing
 

Tips Beternak Kambing Boer, kambing Pedaging Unggulan


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Silase Yang Benar, SANGAT MUDAH"

Post a Comment